Kelompok 7 : Tengku Gema Ramadhan 10070311018
Muhammad Faris Gymnastiar 10070311020
Nur Evy Octavya 10070311026
Produksi Dibantu Sistem Informasi Geografis
Kebisingan
Dan Peta Abdurrahman Geymen Bülent Bostanci,
Turki
Kata
Kunci :
Kebisingan Peta, Sistem Informasi Geografis (GIS), pengukuran danpenilaian
lingkungan
RINGKASAN
Bising, yang didefinisikan sebagai suara yang tidak
diinginkan dikenal sebagai sumber penting pencemaran lingkungan dalam bidang
perkotaan perumahan, industri, staf dan hiburan.
Faktor tergantung pada sektor konstruksi seperti sistem
dan transportasi, industri serta manusia -menciptakan faktor-faktor seperti
keras berbicara dan suara musik ditemukan sebagai sumber polusi suara.
Kebisingan dianggap sebagai sebuah masalah lingkungan menyusahkan kesehatan
manusia dalam hal fisik, psikologis, gangguan psikologis sementara mempengaruhi
individu kinerja negatif. Dalam konteks ini, anggota Uni Eropa yang diperlukan
untuk menghasilkan peta kebisingan strategis untuk lokasi dengan jumlah
penduduk lebih dari 250.000 hingga 30.06.2013 di bawah "Directive pada
penilaian dan Pengelolaan Lingkungan Kebisingan ".
Dalam penelitian ini, amalan yang telah dimasukkan ke
dalam di Kampus Universitas Erciyes untuk produksi kebisingan peta dengan
menggunakan teknik Sistem Informasi Geografis (GIS).
Lokasi dari 50 poin di mana dianggap cukup besar dalam
hal kebisingan paparan pada jalur utama dan kecamatan di dalam batas-batas
kampus telah ditentukan oleh GPS tingkat kebisingan dan penerima di wilayah ini
telah diukur untuk hari-hari malam-malam oleh SVAN 949, tingkat &
getaran suara meter dan lain-lain. Tingkat Kebisingan setara dengan terus
menerus, LEQ, tingkat rata daya untuk jangka panjang suara tingkat rata
digunakan untuk menggambarkan keseluruhan paparan telah dihitung untuk
koresponden daerah. Lokasi dari daerah-daerah tersebut, dan nilai LEQ dihitung
telah digunakan pada peta kampus angka kebisingan dan beban peta penyebaran
telah dihasilkan. Kami
menghasilkan peta ini akan membantu kota manajer pada kebisingan dan mengurangi
beban proyek pencegahan dalam hal pengambilan keputusan dukungan.
Produksi Pada Tahun 2012 Dari Sistem
Informasi Geografis Dibantu Kebisingan
Dan Peta Abdurrahman GEYMEN
Bülent BOSTANCI, Turki
1. Pengenalan
Suara pencemaran lingkungan yang dibentuk oleh suara yang
tidak diinginkan yang merugikan kesehatan mempengaruhi telinga manusia,
kerugian fisiologis dan psikologis keseimbangan, berkurang produktivitas, dan
perubahan kualitas dengan menurunkan atau menghancurkan lingkungan keindahan
dan damai (URL-1; Guzejev et al. , tahun 2000 ). Meskipun masalah berisik meningkat di negara
berkembang sejalan dengan pengembangan teknologi, dan mempengaruhi kehidupan
merugikan, ia adalah jenis bunyi dikenal sangat sedikit di negara kita
(Kalıpçı, 2007). Dalam abad ke 20 yang
waktu itu dan jarak konsep memiliki arti penting yang signifikan, transportasi
memainkan sebuah peran penting sebagai yang paling maju di sektor pengangkutan
kedua penumpang dan barang (Kurra, 2010).
Kebisingan dari tanah jalan yang tergolong di bawah transportasi suara
yang keluar berdasarkan pada tanah jalan transportasi berkembang sejajar dengan
teknologi, dengan cepat tumbuh unplanned urbanisasi telah membawa polusi suara
bersama. Oleh karena itu, lalu lintas memainkan kebisingan yang paling
signifikan di antara sumber suara (Şahinkaya, 2005; Aykan, 2009, Beranek, 1974;
Alexandre, 1975).
Jerman, Perancis, Inggris dan Belanda, Swedia di antara
negara-negara di mana banyak penelitian mengenai kebisingan peta. Di tahun
1960, di Jerman, ia telah dimulai mengevaluasi jalan tanah yang hanya
kebisingan lalu lintas, mempersiapkan peta kebisingan berdasarkan pengukuran
(Wilhelmsson, 2.000 ). Sementara
membentuk suara peta 40 kota di Jerman hingga tahun 1980, jelaslah perhitungan
ini telah mencapai 350 hingga tahun 1992. Ia telah dievaluasi devaluasi
penjualan harga rumah di sepanjang jalan pada kecepatan 30 % karena keributan
di Swedia (Wilhelmsson, 2.000 ). Dalam
kajian terdiri atas negara Eropa, ia telah ditetapkan bahwa 32 % dari
keseluruhan 371 602 000 orang telah dipengaruhi oleh suara tentang 55 dBA di
negara-negara sementara 13 % telah dipengaruhi oleh suara di atas 65 dBA dengan
bantuan dari kebisingan yang disiapkan di peta rincian (Akdağ, 2002). Dalam studi, Buratti telah diamati bahwa
daerah di zona iklim panas, windows di kiri terbuka dan menyebabkan peningkatan
tingkat kebisingan internal karena untuk lalu lintas kebisingan (Buratti,
2002). Di negara kita, yang merujuk
kepada suara pengukuran terutama di kota-kota besar, seperti Istanbul, Ankara,
Bursa, Izmir, dan Konya. ia telah mengamati bahwa suara telah menjadi besar
kesukaran untuk orang-orang yang hidup di sini (Günay, tahun 1995 ; Akdağ,
2002; Karadayı-2001; Aktürk et al. , 2003; Dursun ve Özdemir, 1999; Kalıpçı,
2007).
Dalam penelitian ini, ia telah bertujuan untuk mengenali
secara ilmiah efek berbahaya dari kebisingan ke manusia fisiologi dan psikologi
dan diskusi tentang tindakan pencegahan terhadap bising telah dimulai. Di Atas
meningkatkan keluhan-orang terkena suara, hukum-pembuat telah diberikan hak
diperlukan oleh setiap individu untuk hidup sehat dengan membuat perlu hukum
dan perintah. Seperti keluhan terhadap suara, peraturan dan kebutuhan akan
mengurangi kebisingan telah diterjemahkan sebagai suara pekerjaan, pengendalian
yang memerlukan specialty. Kajian Perihal telah difokuskan oleh para peneliti
berbeda di wilayah yang berbeda tentang mengenali volume suara.
Polusi
dan cara mencegah kebisingan (Şahinkaya, 2005).
Pada awalnya menyiapkan polusi suara peta diperlukan
untuk mengenali efek dari polusi suara, definisi dari tindakan pencegahan untuk
diambil dan kekuatan hukum untuk diterapkan. Tidak mungkin untuk menentukan
tindakan pencegahan akan diambil terhadap polusi suara ada di daerah dan volume
efek dari polusi seperti pada manusia tanpa menyiapkan seperti peta. Setelah
tahap suara peta bersedia adalah efek dari keramaian di atas manusia dan yang
akan diambil tindakan pencegahan terhadap ini.
"Suara"
penerbitan Peraturan Kontrol Resmi oleh Gazette bertanggal 11 Desember tahun
1986 dan Tidak Ada:
19308 telah dikeluarkan untuk berperang dengan polusi
suara. Namun, seperti peraturan telah dicabut setelah "Directive pada
penilaian dan Pengelolaan Lingkungan noise" oleh Resmi penerbitan Gazette
tertanggal 07.01.2005 dan Tidak Ada: 25862 (URL-2; Anonym, tahun 2004 ).
Pasal 8.b "Directive pada penilaian dan Pengelolaan
Lingkungan noise" memberdayakan pemerintah daerah mengenai
"Menyiapkan strategis peta kebisingan dan relevan rencana kegiatan,
menyiapkan program pengendalian untuk kontrol suara, melakukan kontrol, memberi
tahu bertanggung jawab organisasi dan institusi mengenai subjek dikenalpasti
dalam kontrol dan penilaian keluhan" (Anonym, 2005, Kalıpçı, 2007). Namun, banyak pemerintah daerah di negara
kita belum diperlengkapi dengan diperlukan pengetahuan dan staf, perihal
kebisingan peta tidak dapat diproduksi atau menyediakan produk yang berbeda
dengan mengklaim suara peta karena kurangnya pengetahuan (Dursun dan Özdemir,
1999).
Dalam penelitian ini, Kampus Universitas Erciyes telah
dipilih sebagai pilot area untuk tujuan mengidentifikasi suara, polusi faktor
yang telah efek pada manusia. Tujuan penelitian ini modeling daerah dengan
polusi suara oleh interpolation metode. Tingkat Kebisingan menyebar melalui
jalan yang ada dan tanah jalan yang memiliki kualitas dalam pembuluh darah
arteri kota utama di dalam kampus telah diukur dengan kebisingan perangkat ukur
pada waktu pagi, pada petang hari dan di waktu petang dan diperlukan tindakan
pencegahan telah diungkapkan untuk mengurangi dan kontrol suara dengan
memproduksi suara peta kampus pusat berdasarkan pada nilai diukur.
2. Area Riset
Kayseri, dengan luar biasa sejarah dan penduduk sekitar 1
juta dan terletak di tengah Anatolia, dekat dengan Capadocia adalah industri
dan perdagangan kota. Erciyes University, yang telah dipilih sebagai bidang
studi, telah didirikan pada tahun 1978 dan saat ini ia melayani dengan
sepenuhnya 16 fakultas, 4 sekolah tinggi, 7 sekolah kejuruan lebih tinggi, 7
institut, 5 departemen, 19 pusat penelitian dan Gevher Nesibe Fakultas
Kedokteran Rumah Sakit tempat tidur dengan tahun 1350. Selain itu ke Rumah
Sakit Fakultas Kedokteran, Rumah Sakit Penyakit Kardiovaskular, transplantasi
organ dan Dialysis Rumah Sakit, Onkologi Rumah Sakit, anak-anak dan Rumah Sakit
Transplantasi Sumsum Tulang dan Sel Induk ( Stem Cell ) Pusat Pengobatan adalah
yang paling penting institusi kesehatan. Universitas terletak pada 494 hektar
tanah, 59 hektar yang merupakan wilayah tertutup. Dalam lingkungan kampus yang
dipilih, ada dua sumber suara, salah satu yang lalu lintas bunyi dari jalan
sementara yang lainnya adalah siswa untuk kepadatan 41,000, administratif dan
akademik untuk 5,000 serta pasien dan pengunjung dari rumah sakit. Ia adalah
diamati bahwa kepadatan lalu lintas dan manusia adalah lebih tinggi khususnya,
di rumah sakit dan bus berhenti.
3. Material dan
Metode
ini tergantung dua sumber suara, perkiraan lokasi dari 50
poin di mana dianggap cukup besar dalam hal kebisingan paparan di rute utama
dan kecamatan di dalam batas-batas kampus telah ditentukan dengan cara IKONOS
citra satelit. Poin didefinisikan telah menetap di tanah dengan tepat setelah
pemeriksaan dari tanah dan mengkoordinir telah terdaftar dalam sistem WGS 84
oleh Magellan merek GPS berguna. Tingkat kebisingan di wilayah ini telah diukur
pada waktu pagi, siang dan malam hari jam oleh SVAN 949, suara, dan Tingkat
Getaran Meter & Analyzer.
Untuk tujuan studi ini, ia telah memutuskan untuk
melakukan pengukuran antara 08:00-10:00 pagi, 12:00-13:300 petang dan
17:00-18.300 petang jam untuk merekam tingkat tertinggi dalam kebisingan yang
jam tertinggi manusia dan kepadatan lalu lintas di dalam kampus.
Pada Bulan Oktober 2011, untuk seluruh 50 poin, setara
dengan terus menerus Tingkat Kebisingan, LEQ telah diukur selama 5 menit selama
pagi, siang hari dan malam jam per setiap titik selama 5 hari kerja. Nama-nama
poin, lokasi, pengukuran LEQ nilai waktu dan telah tercatat sebagai Excel file
data. Program ArcGIS 9,3 telah digunakan untuk menganalisa kebisingan dan
membuat suara peta (ArcGIS. Tahun 2008 ).
Koordinat seperti 50 poin diperoleh dengan handy GPS telah dipindahkan
ke perangkat lunak ArcGIS sebagai titik layer dan disalutnyalah itu dengan
citra satelit (Gambar 1).
Gambar.1 Lokasi: 50 poin kebisingan dikenalpasti di dalam
lingkungan kampus
4. Penilaian
Data seperti setara dengan terus menerus Tingkat
Kebisingan, LEQ, Tingkat Suara Maksimum (Lmax), Tingkat Suara Minimal (Lmin)
yang dapat diukur nilai spot yang menunjukkan status kebisingan sebuah area.
Salah
satu langkah penting selama tahap evaluasi seperti data yang dikumpulkan dalam
susunan tertentu di stasiun pengamatan kebisingan adalah ekspresi dari data
yang dikumpulkan berdasarkan pada poin sebagai spatial.
Metode
Geostatistical interpolation telah digunakan untuk express titik data dalam
spatial sejauh mana.
Seperti metode menghitung nilai-nilai field antara poin
berdasarkan pada data fitur dirujuk ke titik geometri, dan express hasil
sebagai raster permukaan (Doğru et al. , 2011).
Khususnya,
hari ini geostatistical interpolation metode yang digunakan untuk menghitung
ketinggian permukaan dihadirkan untuk pengguna sebagai alat untuk banyak
komersial Sistem Informasi Geografis (GIS) perangkat lunak. Nilai Kebisingan
pada waktu pagi, siang dan malam diperoleh telah dikaji dengan
"Geostatistical Analis" modul pada ArcGIS. Dalam modul ini, tiga
berbeda geostatistical interpolation metode yang telah digunakan adalah sebagai
berikut:
Kebalikannya ialah Dengan Jarak Berat (IDW) metode adalah
perhitungan permukaan data dengan tidak diketahui nilai dengan menggunakan weighted
titik data. Pada metode ini, berat digambarkan sebagai fungsi dari jarak antara
poin. Sejauh ini, yang jauh lebih luas, lemahnya fungsi efek (Doğru et al. ,
2011).
Kriging adalah salah satu metode yang kuat bagi pengiraan
permukaan. Kriging teknik membuat permukaan yang menggabungkan statistik
properti diukur data (ESRI 2001).
Terdapat dua kategori Kriging: linear dan non-linear. Metode Linear
termasuk Sederhana (SK), biasa (OK) dan Universal (UK) Kriging; Non linear
Indikator termasuk metode (IK), Probablility (PK) dan Disjunctive (DK) Kriging
(URL-3; ArcGIS. Tahun 2008 ).
Metode
RBF adalah suatu siri tepat interpolation teknik, yang adalah, permukaan harus
melewati setiap mengukur contoh nilai. RBFs secara konseptual yang mirip dengan
membran karet yang layak melalui mengukur contoh sementara meminimalkan nilai
total kelengkungan permukaan. Fungsi dasar yang akan dipilih untuk menentukan
bagaimana karet membran akan sesuai antara nilai-nilai (URL-3; ArcGIS. Tahun
2008 ).
Untuk tujuan meneliti cocok geostatistical interpolation
metode untuk kebisingan pemetaan, sepenuhnya 9 kebisingan peta telah diciptakan
dengan cara IDW, OK dan RBF berdasarkan setara dengan terus menerus tingkat
kebisingan pada waktu pagi, siang hari dan malam. Peta Kebisingan diserap oleh
IDW metode telah ditunjukkan sebagai contoh dalam Gambar 2-4.
Gambar 2. Kebisingan Pagi peta diserap oleh
IDW metode
Gambar 3. Tengah hari waktu bunyi peta diserap oleh IDW
Gambar 4. Waktu
petang kebisingan peta diserap oleh IDW
5. Kesimpulan dan
Saran
Studi
ini telah dilakukan oleh standard parameter dari dua dimensi interpolation
metode yang digunakan oleh kebanyakan GIS perangkat lunak. Akurasi
geostatistical interpolation metode tergantung pada pembubaran poin dari
kebisingan akan diukur pada bidang studi serta mengambil keputusan tentang yang
interpolation metode yang akan diterapkan untuk perihal stasiun nilai
kebisingan. Setiap interpolation metode membuat peta kebisingan berbeda
berdasarkan pada matematika fungsi digunakan. Oleh karena itu, menentukan
lokasi dan kepadatan pengukuran stasiun kebisingan dan memilih interpolation
metode adalah unsur penting dalam hal penilaian dari hasil penelitian.
Dalam rangka meningkatkan akurasi kebisingan peta
diciptakan oleh interpolation metode, meningkatkan jumlah suara stasiun
pengukuran di sepanjang tepi jalan di kampus diperlukan.
Ketika diukur setara dengan tingkat kebisingan nilai
terus menerus dikaji, terlihat bahwa tingkat kebisingan adalah sekitar 60-65
decibel (Gambar 5 ). Hasil ini
menunjukkan bahwa keributan di kampus tersebut adalah sangat mencolok. Lebih jauh
lagi, grafis-setara dengan terus menerus nilai tingkat kebisingan diukur untuk
pagi, siang dan malam menunjukkan karakteristik serupa. Namun, pengukuran
stasiun di malam hari menunjukkan peningkatan variasi terhadap nilai waktu pagi
dan petang hari. Oleh karena itu, manusia dan kepadatan lalu lintas di lokasi
tertentu untuk mencapai tingkat maksimum pada waktu petang.
Gambar 5. Grafik varian setara dengan tingkat
kebisingan terus diukur dengan stasiun pengukuran di dalam kampus
Sementara suara dalam Gambar peta 2-4
diteliti, nilai tertinggi kebisingan telah diukur khususnya disekitar pintu
masuk pintu gerbang kampus tersebut. Lebih jauh lagi, Fakultas Kedokteran bus
berhenti di dalam kampus, di sekitar jalan utama yang membagi kampus ke dalam
dua telah dihasilkan cukup tinggi tingkat kebisingan ketika diukur yang di atas
70 decibel. Menurut sebuah laporan dari Organisasi untuk kerja sama Ekonomi dan
Pembangunan (OECD) bertarikh tahun 1996, suara di atas 55 decibel akan
mengganggu dan nilai lebih dari 65 decibel mungkin telah berbahaya oleh hasil
suara.
Oleh karena itu, di kawasan di mana suara melebihi batas
nilai, mencegah gangguan kebisingan dan tidak merusak kesehatan manusia, lalu
lintas perencanaan untuk mengurangi kebisingan, meningkatkan soundproofing,
menempatkan panel mengurangi kebisingan dan kehutanan tidaklah mungkin dianggap
sebagai tindakan pencegahan harus diambil untuk mengendalikan kebisingan.
Hasil studi tersebut akan membantu pemerintah kota dan
kelembagaan untuk mengembangkan proyek-proyek yang berhubungan dengan untuk
mencegah dan mengurangi kebisingan. Direncanakan untuk memperluas studi ini
dengan cara untuk melakukan penelitian tentang interpolation optimal untuk
digunakan dalam pemetaan keributan di masa depan.
RUJUKAN
Akdağ,
N. , tahun 2002, 'Kent Planlamada Gürültü Haritalarının Önemi: Barbaros Bulvarı
Çevresi Örneği', 6. Akustik Ulusal Kongresi, Antalya.
Aktürk,
N. , Akdemir, O. ,Üzkurt, I., 2003, Trafik Işık Sürelerinin Neden Olduğu
Çevresel Taşıt Gürültüsü, Gazi Ün..Müh. -Mim.Fak Fak.Dergisi, Cilt 18, No.
1,s.71-87, Ankara.
Alexandre,
A. , tahun 1975, "Jalan Lalu Lintas Kebisingan", Baru York-Wiley
", A.B. D.
Anonim,
Elvin Türk Ceza Kanunu, 10.12.2004 Tarih ve 25611 Sayılı Resmi Gazete, 2004,
Ankara.
Anonim,
2005 'Çevresel Gürültünün Değerlendirilmesi ve Yönetimi Yönetmeliği',
07.01.2005 Tarih ve 25862 Sayılı Resmi Gazete, Ankara.
ArcGIS.
Tahun 2008. Menggunakan ArcGIS Desktop. ESRI Tekan: Redlands, TIDAK.
Aykan,
A. (tahun 2009 ). Afyonkarahisar şehir
merkezi gürültü haritasının oluşturulması ve gürültünün insan sağlığı
üzerindeki etkisi. Afyon Kocatepe Universitas, Flats Of Fen He Bilimleri
Enstitüsü, Afyon.
Beranek,
L. L. , tahun 1974, "noise", Mc Graw-Hill Bokk Co. Inc, A.B. D.
Buratti,
C. , tahun 2002, Kolam dalam Pengurangan suara bising Indeks dengan Membuka
Jendela, Diterapkan Akustik 63, mukasurat 431-451.
TS07D
- GIS Aplikasi, 6116 11/9 Abdurrahman Geymen dan Bülent Bostancı Produksi
Dibantu Sistem Informasi Geografis Peta Kebisingan
ARA
pada tahun 2012 bekerja Minggu Mengetahui untuk mengelola wilayah, melindungi
lingkungan, mengevaluasi warisan budaya Rom, Italia, 6-10 Mei 2012
Doğru,
A. Ö., Keskin, M. , Özdoğu, K, İliev, N. , Uluğtekin, N. N. , Balçık, F. B. ,
Göksel,]., Sözen, S. , (2011).
Meteorolojik verilerin değerlendirilmesi ve sunulması için enterpolasyon
yöntemlerinin karşılaştırılması, TMMOB Coğrafi Bilgi Sistemleri Kongresi, 31
Ekim-04 Kasım, Antalya.
Dursun,
Ş., Özdemir, C. , tahun 1999, 'Konya Il Merkezinde Gürültü Kirliliği
Haritasının Hazırlanması', Proje No:97-081, Sayfa No:4-24, Konya.
Guzejev
M.H. , Vuorinens H. S. , Kaprio J , Heikkila K. ve Rauhamaa H.M. tahun 2000.
Self- Melaporkan transportasi paparan kebisingan, boleh dibilang hanya
kebisingan dan sentitivity dalam kaitannya dengan kebisingan informasi peta.
Jurnal Getaran Suara dan 234 (2 ), 191-206.
Günay,
E. , Tahun 1995 tentang Pasar Modal, 'Ses Kirlenmesi veya Desibel Cehennemi',
Çevre ve Insan Dergisi, Sayı No:20, Sayfa No:7 -8, Ankara.
Kalıpçı,
E. , (2007). Pengukuran dan peta
persiapan dari polusi suara di pusat Giresun, dengan Selcuk Sekolah
Pascasarjana dari Alam dan Diterapkan Ilmu Pengetahuan, Departemen Teknik
Lingkungan.
Karadayı,
S. , 2001, Bursa İlinin Trafik Kaynaklı Gürültü Haritasının Hazırlanması,
Yüksek Lisans Tezi, Sakarya Universitas, Sayfa No:3-38, Sakarya.
Kurra,
S. tahun 2010. Çevre Gürültüsü ve Yönetimi. Universitas Bahçeşehir Yayınları,
ISBN:
9789756437872.
Şahinkaya,
S. (2005). Coğrafi Bilgi Sistemleri ile
demiryolu gürültü kirliliğinin modellenmesi: Konya örneği. Universitas Selçuk,
Flats Of Fen He Bilimler Enstitüsü, Konya
Wilhelmsson,
M. , 2000, dampak dari Kebisingan Lalu Lintas pada nilai-Single-Family Rumah,
Jurnal Perencanaan dan Pengelolaan Lingkungan, 43 (6), mukasurat 799-815.
URL-1.
www.cevreorman.gov.tr/gurultu_00.htm.
URL-2.
www.mevzuat.com.tr
URL-3.
www.littleblackdoggie.com/Portfolio/Interpolation_Methods.html
TS07D
- GIS Aplikasi, 6116 10/1 Abdurrahman Geymen dan Bülent Bostancı 1 Produksi
dari Sistem Informasi Geografis Dibantu Peta Kebisingan
ARA
pada tahun 2012 bekerja Minggu Mengetahui untuk mengelola wilayah, melindungi
lingkungan hidup, mengevaluasi warisan budaya Rom, Italia, 6-10 Mei tahun 2012.
No comments:
Post a Comment